5 Buah Pengganti Kurma Saat Buka Puasa

Selasa, 06 Juni 2017 - 16:55 WIB
5 Buah Pengganti Kurma...
5 Buah Pengganti Kurma Saat Buka Puasa
A A A
JAKARTA - Palm fruit atau kurma merupakan buah asal Timur Tengah yang menjadi makanan khas saat Ramadan. Ini karena kurma kata kandungan akan vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa.

Bagi Anda yang tak sempat membeli kurma atau ingin menikmati buah lain dengan kandungan yang cukup kaya seperti kurma, bisa mengganti dengan beberapa buah yang sehat. Chef Danny mengatakan buah yang manis sangat baik dan sehat dikonsumsi sebagai pengganti kurma di bulan suci Ramadan.

Berikut 5 Buah Sehat Pengganti Kurma Saat Buka Puasa:
1. Apel
“Apel bagus untuk tubuh. Soalnya buah itu memiliki banyak manfaat," kata Ched Danny.

Apel dikenal kaya akan kandungan fitonutrien serta anti oksidan flavonoid dan folifenol. Total kandungan kekuatan anti oksidan (nilai ORAC) dalam 100 apel mencapai 5900 TE. Flavonoid yang ada di dalam apel di antaranya quercetin, epicatechin, dan procyanidin B2. Apel juga bebas dari lemak, sodium dan kolesterol.

Satu apel berukuran sedang mengandung 4 gram serat makanan, yang dapat memenuhi sekitar 17% asupan serat harian yang disarankan. Masih dengan takaran yang sama, apel mampu menyediakan 14% kebutuhan harian vitamin C.

2. Pisang
Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat.

"Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel, " bebernya.

3. Semangka
Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) merupakan tanaman merambat. Semangka biasa dipanen untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

4. Pir
Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena mengandung banyak air, masir dan manis.

Pir memiliki manfaat lantaran mengandung mineral, vitamin, dan kandungan senyawa lain yang berpotensi bagi kesehatan. Senyawa aktif dalam buah Pir adalah kalium, vitamin C, vitamin K, fenolik, folat(vitmin B9), serat , tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B-kompleks. Di antaranya baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

5. Pepaya
Pepaya baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya mengandung senyawa kimia yang disebut Papain.

Papain ini biasanya digunakan tubuh untuk membantu pencernaan, tepatnya dapat mempromosikan pencernaan protein lengkap. Papain lebih menguntungkan karena bekerja di berbagai tingkat pH, sementara enzim pencernaan yang diproduksi oleh tubuh memerlukan tingkat keasaman tertentu agar bisa membantu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0635 seconds (0.1#10.140)